Warta Gereja

Paus Fransiskus Telah Mengakui Pastor Stanley Rother Sebagai Martir

Fr. Stanley Rhoter
Fr. Stanley Rhoter (kiri) telah diproklamirkan sebagai martir pertama berkebangsaan Amerika Serikat oleh Paus Fransiskus (netny.tv)
SAYOKA.ORG - Fr. Rother lahir di Oklahoma, dan dialah martir pertama yang lahir di Amerika Serikat. Pada tahun 1986, ia dikirim ke Santiago Atitlan dari Keuskupan Agung Oklahoma.

Fr. Rother telah membantu masyarakat membangun sebuah rumah sakit kecil, sekolah dan stasiun radio Katolik pertama. Fr. Rother dipanggil dengan sebutan "Padre Francisco" dan banyak dicintai oleh semua orang.

Sungguh malang bagi para imam di Guatemala, di negara tersebut meletus perang sipil antara tahun 1960 dan 1996.

Para diakon dan umat dibunuh, tubuh mereka ditinggalkan begitu saja di pintu gereja. Tak lama kemudian, ia pun mulai menerima ancaman mati karena menentang kehadiran militer Guatemala di daerah tersebut.

Sebagai mana yang diberitakan oleh catholic.org, Fr. Rother kembali ke Oklahoma pada bulan Januari 1981, waktu itu stasiun radio Katolik yang didirikannya dihancurkan dan direkturnya telah dibunuh.

Sebelum Fr. Rother kembali, ia telah peringatkan bahwa namanya ada di daftar kematian namun ia tetap meminta izin untuk kembali ke Guatemala.

Fr. Rhother meninggal dalam perang saudara di Guatemala
Fr. Rhother meninggal dalam perang saudara di Guatemala (catholic.org)
Dan pada tanggal 28 Juli, orang-orang bersenjata masuk kedalam pastoran gereja dan menembaknya dua kali di kepala setelah melakukakan perlawanan singkat, dan kejadian tersebut menjadikannya sebagai salah satu dari sepuluh imam dibunuh di Guatemala pada tahun itu.

Sejak kematiannya, banyak umat Katolik di Oklahoma dan Guatemala menganggap Fr. Rother telah menjadi martir demi membela iman.

Keuskupan Agung telah memohon kepada Tahta Suci untuk memberi penghormatan kepada Fr. Rother. Dan permohonan ini diterima oleh Roma. Saat ini Fr. Rother di beri gelar sebagai "Servant of God".

Pada hari Jumat kemarin, tanggal 2 Desember 2016, Vatikan mengumumkan pengakuan tentang kemartirannya serta membuka jalan jalan bagi proses beatifikasi nya.

Sebuah video untuk mengenang pengorbanan Fr. Stanley Rother


(S. Karimawatn)

No comments