Warta Gereja

Akhirnya OSJINDONESIA.ORG Di-Launching Sebagai Website Resmi Paroki Santo Yusuf Karangan - Mempawah Hulu

Berfoto bersama Pastor Paroki, Fr. Robert Ciprian Calderon, OSJ

KARANGAN (OSJINDONESIA.ORG) - Di era digital saat ini, hampir semua orang terhubung dengan internet. Internetlah yang mendorong berbagai hal hadir secara online dalam bentuk website. Melihat fenomena ini, maka Paroki Santo Yusuf Karangan - Mempawah Hulu merasa perlu untuk membangun situs web sendiri sebagai wujud nyata untuk mendukung salah satu tugas pokok Gereja di bidang pewartaan.

Dengan adanya website Paroki, umat diharapkan dapat mengkases berbagai informasi berupa teks, gambar, video ataupun file lainnya, baik itu yang berkaitan dengan dinamika Paroki maupun informasi mengenai perkembangan Gereja secara global. Melalui situs web sebagai flatform informasi digital, umat dapat dengan mudah mengakses beragam informasi ini dengan menggunakan browser pada suatu perangkat, baik mobile maupun desktop.

Sejarah Singkat Website Paroki

Awalnya website paroki ini digagas secara mandiri dalam rangka menyambut peresmian Paroki pada tanggal 19 Maret 2017, bertepatan dengan Pesta Santo Yusuf sebagai pelindung paroki. Dengan semangat paroki baru saat itu, dirasa perlu untuk menyiapkan sebuah media informasi digital guna menunjang aktivitas paroki. Namun karena satu dan lain hal, website ini sempat terbengkalai dan mati suri selama 6 tahun lamanya.

Dalam perjalanannya, website paroki ini sudah dua kali berganti domain. Dan pada Paskah Tahun 2023 ini, dari hasil diskusi dengan Pastor Paroki, Fr. Robert Ciprian Calderon, OSJ (Pastor May) dipilihlah nama domain baru, yaitu "osjindonesia.org". Pemilihan nama domain ini adalah usul dari Pastor Paroki dengan pertimbangan bahwa Oblat Santo Yosef (Oblates of Saint Joseph) merupakan konggregasi yang baru pertama kali berkarya di Indonesia, tepatnya di Paroki Santo Yusuf Karangan -Mempawah Hulu. Website ini dibangun tidak hanya sebagai sarana pewartaan Gereja secara online, melainkan juga dapat menunjukkan karya-karya misi yang dilakukan Oblat Santo Yosef di Indonesia, khususnya di Paroki Santo Yusuf Karangan - Mempawah Hulu.

Tujuan Pembuatan Website Paroki

Secara umum kehadiran website Paroki ini adalah cara yang bagus untuk tetap berhubungan dengan anggota gereja terutama umat Paroki Santo Yusuf Karangan - Mempawah Hulu. Adapun beberapa tujuan dibangunnya website paroki ini antara lain :

  1. Untuk lebih memperkenalkan Paroki Santo Yusuf Karangan - Mempawah Hulu ke dunia yang lebih luas melalui internet. Diharapkan website ini dapat menjangkau seluruh umat Katolik yang berada jauh dari wilayah paroki, terutama mereka yang hidup di perantauan dan berasal dari Paroki Santo Yusuf Karangan - Mempawah Hulu.
  2. Selain sebagai media informasi Gerejawi, umat dapat memanfaatkan website paroki ini sebagai media pembelajaran dalam rangka memelihara iman umat Katolik khususnya yang berada di wilayah Paroki Santo Yusuf Karangan - Mempawah Hulu.
  3. Website ini juga merupakan usaha dalam rangka mempertahankan eksistensi Gereja ditengah gempuran sosial media maupun flatform media digital mainstream lainnya.
  4. Hal yang paling penting dengan dibangunnya website paroki ini adalah untuk mendukung salah satu tugas pokok Gereja dibidang pewartaan (kerygma). Dengan kata lain umat paroki santo Yusuf Karangan - Mempawah Hulu ikut serta dan berperan aktif dalam membawa Kabar Gembira bahwa Allah telah menyelamatkan dan menebus manusia dari dosa melalui Yesus Kristus. Melalui bidang karya ini, diharapkan dapat membantu Umat Allah untuk mendalami kebenaran Firman Allah, menumbuhkan semangat untuk menghayati hidup berdasarkan semangat Injil.

Launching Resmi Website Paroki

Kembalinya aktif website paroki ini adalah atas dorongan dan arahan dari Pastor Paroki. Dan bertepatan dengan perayaan ekaristi Pembukaan Bulan Maria Tahun 2023, maka pada hari Minggu (30/04/2023), Pastor Paroki Santo Yusuf Karangan - Mempawah Hulu, Fr. Robert Ciprian Calderon, OSJ, dihadapan seluruh umat yang menghadiri misa, memberkati dan secara resmi me-launching situs web ini (osjindonesia.org) sebagai website resmi Paroki Santo Yusuf Karangan - Mempawah Hulu.

Pastor May memberkati sekaligus meresmikan website Paroki

Dengan diresmikannya website ini diharapkan umat dapat pula berpartisipasi aktif didalamnya. Sebagaimana yang telah dijelaskan oleh penggagas website ini, saudara Agustinus H.S (Pak Ensi), bahwa situs web ini adalah persembahan umat untuk kemajuan paroki. Menurut Pak Ensi, bahwa dijaman digital ini Gereja tidak hanya hadir secara offline melainkan juga harus terlibat aktif secara online. Bagaimanapun juga teknologi akan berkembang terus, dan Gereja harus ambil bagian dalam memanfaatkan teknologi ini ke arah yang lebih posisitf.

Pak Ensi menjelaskan secara singkat tentang pentingnya website Paroki

Tentu saja website ini masih memiliki banyak kekurangan disana-sini. Salah satunya adalah belum terbentuknya tim khusus yang akan menangani website ini. Namun seperti yang telah disampaikan oleh Pastor May, dalam waktu dekat akan dibentuk tim agar pengelolaan website menjadi lebih terarah dan terstruktur.

Segala macam kendala dalam pengelolaan website paroki ini akan dapat diatasi tentu saja dengan bantuan Allah dan dukungan seluruh umat Paroki Santo Yusuf Karangan - Mempawah Hulu. Semoga website ini sungguh-sungguh menjadi berkat untuk kemajuan Paroki dan kedepannya dapat berkembang kearah yang lebih profesional.

Lumensi

No comments