Warta Gereja

Pengukuhan Komunitas Bapak-Bapak Santo Yusuf (Man of Saint Joseph), Paroki Santo Yusuf Karangan - Mempawah Hulu

Foto bersama Bapak-Bapak Santo Yusuf bersama Pastor Paroki Fr. Robert Ciprian Calderon, OSJ

KARANGAN (OSJINDONESIA.ORG) - Minggu (14/05/2023), setelah misa syukur 15 tahun pesta imamatnya, Fr. Robert Ciprian Calderon, OSJ selaku pastor Paroki mengukuhkan komunitas baru di Gereja Santo Yususf Karangan - Mempawah Hulu, komunitas tersebut ialah "Bapak-bapak Santo Yusuf".

Sebelumnya sudah ada Komunitas BAPAKAT (Bapak-Bapak Katolik) Santo Yusuf Karangan - Mempawah Hulu. Namun menurut penjelasan Bapak Yulius, komunitas Bapak-Bapak Santo Yusuf yang baru dibentuk ini tidak bisa dipisahkan dari BAPAKAT. Anggota Bapak-Bapak Santo Yusuf ini adalah juga anggota BAPAKAT, yang terdiri dari berbagai latar belakang pekerjaan. Demikan juga sebaliknya.

Tujuan Dibentuk Komunitas Bapak-Bapak Santo Yusuf


Ada 3 (tiga) hal utama yang menjadi tujuan dibentuknya Komuitas Bapak-Bapak Santo Yusuf Paroki Santo Yusuf Karangan - Mempawah Hulu, yaitu :

  1. Menurut penjelasan Pastor Robert Ciprian Calderon, OSJ, bahwa dalam setiap wilayah pelayanan mereka (Oblat of Saint Joseph) di seluruh dunia, salah satu ciri didalam Paroki adalah adanya Komunitas Bapak-Bapak Santo Yusuf (Man of Saint Joseph). Karena hal itulah, maka Fr. Robert Ciprian Calderon, OSJ, berinisiatif membentuk komunitas Bapak-Bapak Santo Yusuf.
  2. Komunitas Bapak-Bapak Santo Yusuf ini dibentuk dengan tujuan untuk meneladani kehidupan Santo Yusuf. Yusuf seorang yang sangat sederhana, rendah hati, tidak banyak berbicara, memiliki hati yang selalu terbuka terhadap kehendak dan rencana Allah. Dengan taat ia mengesampingkan keinginan pribadinya dan bersedia menjadi perpanjangan tangan Allah untuk mewujudkan karya keselamatanNya di dunia. Bapak-Bapak Santo Yusuf diharapkan dapat menjadikan Santo Yusuf sebagai Teladan Iman, simbol Kesetiaan dan Ketulusan Hati.
  3. Pada perjalanannya Komunitas Bapak-Bapak Santo Yusuf ini diharapkan dapat mempromosikan devosi kepada Santo Yusuf, dengan secara aktif mengadakan Novena Santo Yusuf setiap Hari Rabu di Gereja.


Semoga dengan terbentuknya Komnunitas Bapak-Bapak Santo Yusuf ini dapat menjadi spirit baru dalam kehidupan menggereja khususnya di Paroki Santo Yusuf Karangan - Mempawah Hulu.

Lumensi

No comments