Warta Gereja

Semangat Menyambut Kegiatan Temu Orang Muda Katolik (TOMK) Sedekanat Landak Tahun 2023

Oktapianus Suryadi (Pak Goan) sedang memberikan pengarahan kepada Panitia TOMK Tahun 2023 di Aula Paroki St. Yusuf Karangan

KARANGAN (OSJINDONESIA.ORG) - Orang muda merupakan pribadi dinamis dan memiliki semangat tinggi dalam kehidupan bermasyarakat. Semangat tersebut tampak dalam berbagai kegiatan yang mereka lakukan. Namun, tidak jarang di tengah berbagai kegiatan yang orang muda lakukan terselip hal-hal negatif yang terjadi. Hal ini disebabkan oleh pengaruh buruk kegemerlap duniawi dan kemajuan teknologi yang ada di sekitar mereka.Tentu saja, pengaruh ini berdampak negatif bagi perkembangan orang-orang muda itu sendiri, baik secara mental, psikologi maupun rohani.

Untuk menghadapi dampak negatif ini, perlu ada banyak kegiatan yang membawa pengaruh positif dalam perkembangan pribadi orang muda. Selain itu, perlu juga ada wadah bagi orang-orang muda ini untuk mengembangkan pribadinya secara positif. Tentu saja, wadah dan kegiatan yang bersifat rohani perlu semakin dikembangkan dan didukung. Hal ini mengingat bahwa banyak orang muda yang mulai meninggalkan kehidupan rohani dan kurang terlibat dalam kegiatan-kegiatan rohani lainnya.

Panitia TOMK Tahun 2023

Untuk itu, di samping sebagai tempat bagi umat untuk berkomunikasi dengan Tuhan dan berinteraksi dengan saudara seiman, Gereja sebagai salah satu lembaga rohani juga didorong untuk menyediakan sarana dan prasarana yang tepat guna terutama bagi orang-orang muda ini. Salah satu yang telah dilakukan oleh Gereja mendukung terbentuknya kepengurusan Orang Muda Katolik di dalam lingkungan Gereja.

OMK atau Orang Muda Katolik merupakan wadah bagi orang-orang muda untuk belajar dan berkembang bersama saudara-saudari seiman. Selain itu, melalui kegiatan- kegiatan yang dilakukan, orang-orang muda ini diharapkan semakin dekat dengan Tuhan dan semakin mendalam imannya.

Bapak Lipinus Iling, S.Sos, anggota DPRD Kabupaten Landak (kaos coklat), turut hadir dalam deklarasi panitia TOMK Tahun 2023 (06/05/2023) di Aula Paroki St. Yusuf Karangan

Salah satu kegiatan tersebut adalah TOMK SEDEKANAT LANDAK (Temu Orang Muda Katolik SEDEKANAT LANDAK). TOMK kali ini akan dilaksanakan di Paroki Santo Yusuf Karangan-Mempawah Hulu. Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat membuat Orang Muda Katolik menjadi inspirasi positif bagi Orang Muda lainnya yang belum bergerak dan bersatu dalam Iman Katolik dan semoga melalui kegiatan TOMK ini, Gereja Katolik menyadari pentingnya berjalan bersama orang muda, dan bagi orang muda, TOMK menjadi sarana formasi iman dan keterlibatan sebagai pemeran utama menjawab berbagai tantangan kehidupan. Sekaligus menjadi kesempatan untuk berbagi dalam keberagaman dan kesempatan bersukacita dalam iman dan perjumpaan sebagai saudara seiman dan sebangsa.

Tujuan

Tujuan ini dapat tercapai lewat penerapan 6 landasan Hari Orang Muda Sedunia di Gereja-Gereja Partikular :

  1. Perayaan Iman: TMOK menjadi arena bagi OMK untuk mengalami keindahan wajah Allah. Orang Muda mengalami perjumpaan dengan Kristus lewat sakramen-sakramen dan pengungkapan iman yang lain, misalnya: Ekaristi, Rekonsiliasi, Adorasi, doa dan pengajaran iman.
  2. Pengalaman Gereja: TOMK menjadi saat di mana OMK mengalami persekutuan sebagai Gereja. OMK menyadari bahwa dirinya adalah bagian utuh dari Gereja sehingga makin mencintainya. TOMK juga menjadi kesempatan Gereja mendengarkan orang muda juga membangun gaya pastoral yang hangat dan dialog penuh kasih.
  3. Pengalaman misioner: TOMK tidak boleh melupakan ciri pelayanan orang muda yang harus bersifat misioner karena orang muda harus menjadi pernyataan yang hidup dari Kabar Gembira itu sendiri. Gerak misioner ini bisa terkait dengan sosial kemanusiaan, lingkungan hidup, dll.
  4. Kesempatan untuk Penegasan Panggilan dan Panggilan pada Kekudusan: TOMK bisa menjadi kesempatan untuk menawarkan pada orang muda pilihan-pilihan yang menentukan status hidupnya sesuai panggilan Allah yang ditujukan pada mereka. Juga tak lupa, TOMK menjadi saat untuk mengingatkan bahwa orang muda dipanggil pula untuk menjadi kudus lewat keterlibatan mereka sesuai situasi, kondisi, peran, dan passion mereka yang unik dan masing-masing.
  5. Pengalaman Peziarahan: TOMK menjadi saat ziarah, berjalan bersama dengan segala tantangan, mengalami kejutan-kejutan dari Tuhan. Hal ini akan mengajarkan pada orang muda bagaimana memberikan yang terbaik dalam menghadapi berbagai tantangan yang muncul di setiap perjalanan.
  6. Pengalaman persaudaraan insani universal: TOMK menjadi kesempatan untuk berjumpa dengan banyak orang muda, juga bila mungkin dengan mereka yang berbeda agama dan budaya. Arena untuk berkumpul, berbicara satu sama lain sebagai saudara. Lewatnya, dibangun sebuah pastoral orang muda yang inklusif untuk menunjukkan bahwa orang muda adalah Gereja dengan pintu-pintu yang terbuka.


Manfaat

  1. Terciptanya pribadi orang muda yang lebih bertanggung jawab serta mampu bersosialisasi dalam lingkungan gereja maupun masyarakat.
  2. Terciptanya rasa kebersamaan dan kekeluargaan dalam lingkungan gereja maupun masyarakat dan sikap tanpa pamrih.
  3. Para Kaum Muda lebih memahami dan mendalami iman gereja katolik.
  4. Mampu membedakan hal yang mendatangkan dampak positif maupun berdampak negatif bagi pribadi kaum muda itu sendiri.

Hasil Yang Diharapkan

Seluruh Orang Muda Katolik dapat menjalin ikatan persaudaraan dalam Kristus dan saling berbagi berkat khususnya bagi Orang Muda Katolik Se-Dekanat Landak dan sekitarnya.

Tema Kegiatan TOMK

Tema Kegiatan TOMK diambil dengan menyesuaikan Tema Indonesia Youth Day yaitu ; “Orang Muda Katolik, Bangkit dan Bersaksilah!”

Target dan Sasaran

Setiap Paroki mengutus 40 Orang Muda Katolik dan 4 orang pendamping, sehingga para kaum muda yang mengikuti Kegiatan TOMK berjumlah 572 orang. Adapun paroki-paroki yang terlibat langsung dalam kegiatan tersebut yaitu :

  1. Paroki Santo Yusuf Karangan;
  2. Paroki Santo Agustinus dan Santo Matias-Darit;
  3. Paroki Santo Petrus dan Paulus-Menjalin;
  4. Paroki Santo Yohanes Maria Vianney-Serimbu;
  5. Paroki Salib Suci-Ngabang;
  6. Paroki Santo Yohanes Pemandi-Pahauman;
  7. Paroki Santo Fransiskus Asisi-Pakumbang;
  8. Paroki Santa Theresia dari Kanak-Kanak Yesus-Simpang Tiga;
  9. Paroki Mater Dolorosa-Jelimpo;
  10. Paroki Santo Paulus dari Salib-Mandor;
  11. Paroki Santo Fransiskus Xaverius-Mempawah Hilir, dan
  12. Paroki Santo Christophorus-Sungai Pinyuh.

Waktu Pelaksanaan

Kegiatan TOMK akan dilaksanakan mulai dari tanggal 28 Juni 2023 sampai dengan 30 Juni 2023 bertempat di Paroki Santo Yusuf Karangan Mempawah Hulu Keuskupan Agung Pontianak.

Proposal Lengkap

Proposal lengkap kegiatan TOMK tahun 2023 se-dekanat Landak dapat do unduh melalui link dibawah ini :

Proposal Pelaksanaan Kegiatan Temu Orang Muda Katolik (TOMK) Sedekanat Landak Tahun 2023

Lumensi

No comments